Upaya Pemerintah Menjaga Tumbuhnya Perekonomian, Pemkab Muara Enim Buka Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK)

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM MUARA ENIM, Sebagai bentuk upaya pemerintah daerah dalam mendorongan dan memberikan stimulus kepada masyarakat dalam berwirausaha, Rabu pagi (25/08) bertempat di Ballroom Hotel Griya Serasan, Pj. Bupati Muara Enim Dr. H. Nasrun Umar, S.H., M.M., membuka kegiatan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim dengan diikuti peserta sebanyak 56 orang. Pj. Bupati mengharapkan kegiatan ini nantinya mampu melahirkan para entrepreneur yang berhasil serta berdaya saing sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas dan menggerakkan perekonomian daerah menjadi lebih baik.
.
Dalam sambutannya, Pj. Bupati yang didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Riswandar, S.H., M.H., menyampaikan bahwa kehadiran para penggiat UMKM sangatlah berpengaruh terhadap tumbuhnya perekonomian disuatu daerah, menurut-nya peran serta UMKM sangatlah penting untuk meningkatkan pendapatan asli daerah serta mengurangi angka kemiskinan sehingga bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sebagai bentuk upaya pemerintah menjaga tumbuh-nya perekonomian, bahwa pada tahun 2020 lalu, Pemkab. Muara Enim telah menyalurkan bantuan modal kepada UMKM melalui Dana Belanja Tidak terduga dan Bantuan Sarana dari Dana Insentif Daerah kepada para pelaku usaha di Kabupaten Muara Enim sebagai upaya untuk tetap bertahan ditengah Pandemi Covid-19 yang sejalan dengan Pemerintah Pusat dengan memberikan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Sementara itu, dalam laporannya Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang disampaikan Kabid Pemberdayaan UKM, Astuti Martayanti, S.P., M.M., bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil guna meningkatkan produktivitas dan daya saing pelaku Usaha Mikro Kecil, dengan meningkatnya produktivitas dan daya saing diharapkan akan naik kelas, Usaha Mikro menjadi Usaha Kecil, dan Usaha Kecil Menjadi Usaha Menengah serta mampu menyerap tenaga kerja yang pada akhir-nya akan meningkatkan pendapatan dan mengurangi angka kemiskinan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan