“Join Bone Peduli Lingkungan” , melalui Virtual

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM BONE SULSEL, DPD JOIN Bone Selenggarakan Acara Virtual dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pemuda Pancasila ke-62 serta Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021. yang di buka langsung Bapak Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si. di ruang kerjanya Kantor Bupati Bone, Jumat 29 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Acara ini merupakan program bersih peduli lingkungan melalui Virtual di ikuti kurang lebih 45 Participant yang berkaitan dengan Tema yang mengangkat Isu Peduli Lingkungan, seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bone Andi. Syahrul Syamsu, SE, M.Si, Kapolres Bone yang diwakili Oleh Kasat Intel AKP Surahman, Camat Tanete Riattang yang diwakili Oleh Sekertaris Camat Edy Syahputra, S.STP, M.Si, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bone yang diwakili oleh Herman Wafir, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Bone Bersih Sampah yang di wakili oleh Sekertarisnya Anwar Marjan, ilham A.Palloge Pemerhati Lingkungan, Ketua PMII Cabang Bone, Ketua HMI Cabang Bone dan Ketua OSIS SMAN 3 Bone A. Syahrul Ahmad Fahrezi.

Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar. Mahdin. Padjalangi, M. Si, melalui Virtual yang di Inisiasi oleh Jurnalis Online Indonesi ( JOIN ) Bone. Dalam sambutanya Fahsar sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh rekan-rekan Join Bone yang kesekian kalinya menunjukkan Perhatiannya pada Bone terkhusus hari ini mengangkat Tema Peduli Lingkungan bahwa ini langkah Positif yang harus kita Suport karena bagaimanapun juga Lingkungan merupakan Tanggung jawab kita semua, sehingga semua Aspek dan Elemen harus berperan serta untuk menjaga Lingkungan baik masalah Sampah dan Masalah Kebersihan, Oleh karena itu marilah kita sama-sama bekerja agar Piala Adipura juga bisa kita dapatkan melalui Kerja sama yang baik dengan semua Komponen Ucapnya.

Acara Diskusi yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, dipandu oleh Host A.Okhy Patadjangai salah satu Dewan Pembina di DPD Join Bone berlangsung cukup Alot ketika para Participant mengeluarkan pendapat, kritikan dan masukan, seperti pendapat oleh Sekertaris Bone Bersih Sampah Anwar Marjan mengatakan bahwa Masyarakat perlu di kenalkan lingkungan dari segi Agamanya, jika dilakukan dengan Pendekatan Agama lebih mudah mengajak mereka akan pentingnya Peduli Lingkungan dari Sampah yang menurutnya merugikan, padahal sampah bisa dikelolah menjadi penghasilan, hal yang terpenting juga adalah penyambung Informasi untuk menegakkan regulasi yang terintegrasi.jejelasnya.

Sedangkan Herma Wafir yang mewakili Karang Taruna berpendapat bahwa ada 3 komponen yang penting dalam Kepedulian Lingkungan yakni Pemerintah, Masyarakat, dan Pihak Swasta, yang mana harus ada Komitmen untuk Masyarakat dan Pemerintah harus membuat keterpaduan aturan buat mereka, karena sebenarnya Masyarakat sudah bisa mengolah sampah menjadi punya nilai tapi tidak bisa berkesinambungan, katanya.

Kemudian di ikuti oleh Participant yang mewakili Kapolres Bone, Sekertaris Camat Tanete Riattang yang telah melaksanakan banyak kegiatan Kepedulian Lingkungan yang melibatkan semua Masyarakat diseluruh Kelurahan yang ada diwilayahnya, Lalu dilanjut oleh Pemerhati Lingkungan A.Lilo yang mengangkat Isu Tambang yang tidak berizin dibeberapa wilayah kecamatan di Bone,

Lanjut, Ketua OSIS SMAN 3 Bone yang mengatakan dukungan kegiatan positif dari Join Bone dan siap berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan Pelajar khususnya OSIS sibidang Lingkungan, Perwakilan HMI dan PMII, akhirnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengunci perbincangan ini dengan mengatakan bahwa Kepedulian Lingkungan harusnya datangnya dari diri sendri kita dulu lalu mengajak tetangga dan Keluaraga untuk selalu menjaga mereka berpola hidup sehat dengan bersih lingkungan dari hal yang terkecil,

A.Syahrul menambahkan bahwa kami dari Dinas terkait telah bekerja maksimal untuk Kebersihan Lingkungan di Lingkup Wilayah Kabupaten Bone dengan melakukan berbagai terobosan yang melibatkan Masyarakat, Lembaga lembaga Peduli Lingkungan, Bahkan TNI POLRI. Beliau berharap dengan adanya diskusi ini kita segera bisa aktion tanpa menunggu waktu lagi agar perbincangan ini bukan sekedar Perbincangan yang Formal semata , kami siap duduk bersama demi Bone yang lebih baik, maju dan Sejahtra,pungkasnya.

Sementara itu ketua JOIN Bone Andi Trisna Arif yang ditemui mengatakan bahwa kegiatan pencanangan ini dilakukan dengan tujuan agar bisa mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bisa sadar akan pentingnya kebersihan dengan menjaga lingkungan untuk selalu bersih dan nyaman, dan berharap agar kegiatan seperti ini juga bisa diinisiasi oleh teman-teman yang lain dengan menggandeng semua pihak yang terkait didalamnya agar apa yang kita harapkan bisa tercapai dan terus dan terus berkesinambungan, harapnya,

Hal senada dikatakan oleh Zulkarnain Hamson Direktur Pusdiklat JOIN Nasional bahwa kegiatan positif sebaiknya dilakukan berkesinambungan disertai aksi nyata kepedulian pada lingkungan, dan insya Allah kedepannya JOIN akan terus melakukan kepedulian yang melibatkan pelajar dari tingkat SD sampai mahasiswa dengan membekali mereka dengan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan peduli lingkungan, Zulkarnain juga berharap semoga tahun depan kita akan lanjutkan dengan program kampanye pelihara kebersihan lingkungan tutupnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan