Yang Muda Yang Cerdas, Pahrian Untuk Pasempe

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM BONE SULSEL, Desa memiliki peran yang sangat penting dalam pertahanan pangan dan demokrasi . Kemajuan desa juga sangat bertalian langsung dengan kemajuan sebuah daerah!, untuk tingkat yang lebih tinggi adalah negara.Tentang bagaimana sebuah desa dapat maju dan mandiri, tak terlepas dari bagaiamana pemerintah desa dalam memimpin sebuah kemajuan dan pembangunan melalui visi dan misi yang terlaksana dengan baik.

Bacaan Lainnya

Pemerintahan desa yang baik adalah bagaimana seorang kepala Desa memahami manajemen pemerintahan yang baik dan benar. Desa memiliki kekhasan tersendiri yang apabila pemerintahnya jeli dan mampu melihat cela peluang, maka desa akan memiliki daya saing dalam pemberdayaan masyarakat maupun pemanfataan sumber daya alam yang ada di dalamnya. Desa dan masyarkatnya butuh pembangunan ideal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pembangunan Desa dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi masyarakat mulai dari merencanakan, melaksanakan serta mengawasi proyek pembangunan. Seluruh unsur masyarakat turut berpartisipasi secara bersama-sama menjaga ketentraman dan ketertiban Desa. Keterlibatan setiap unsur masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan perempuan, hingga perwakilan masyarakat miskin dalam Musyawarah Desa adalah jalan ideal mencari sebuah kesepakatan bersama

Selain itu perlunya ada pembaharuan Desa yang meletakkan Musdes diatas segalanya. Setiap orang akan dijamin kebebasan berpendapatnya dan mendapatkan perlakuan yang sama, serta akan melindungi dari intimidasi. Mengedepankan akuntabilitas kinerja, hasil Musyawarah Desa serta tindak lanjut keputusan musyawarah akan disampaikan kepada masyarakat dan dilakukan setiap saat.

Di sisi lain untuk kebangkitan ekonomi rakyat kiranya perlu adanya optimalisasi BUM Desa yang didirikan dengan prakarsa masyarakat, apa yang menjadi rencana usaha, penentuan personil, aturan main akan dibahas bersama-sama secara demokratis melalui Musyawarah Desa. Tentunya hal ini mendukung penuh usaha pengembangan kapasitas masyarakat, semakin banyak masyarakat yang paham akan memudahkan dirinya untuk berinovasi membuat program pembangunan Desa dan tentunya bernilai ekonomis terhadap masyarakat.

Desa dan masyarakat adalah dua elemen yang membutuhkan pion yang mampu membawa pada kemajuan dalam hal ini pemimpinnya. Olehnya itu dengan dengan niat yang tulus, dibarengi doa restu dan dukungan dari banyak khalayak. Saya Pahrian Calon Kepala Desa Passempe siap mewakafkan diri dalam segala bentuk perjuangan dalam memajukan Desa Passempe, ungkapnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan