Pangdam XII/Tpr Bersama Forkopimda Ikuti Peringatan Detik-Detik Proklamasi Secara Virtual

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM Pontianak, Selasa (17/8/21) – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Bacaan Lainnya

Hadir juga dalam acara tersebut Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H. M.Hum., Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan, Ketua DPRD Kalbar, M. Kebing, Kapolda Kalbar, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, Danlantamal XII/Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak.

Kapendam XII/Tpr, Letkol Inf Hendra Purwanasari, S.Sos., saat memberikan keterangan mengatakan, upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi yang mengangkat tema, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta.

Peringatan ditandai dengan tembakan Meriam sebanyak 17 kali dan bunyi Sirine selama 1 menit. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah Teks Proklamasi oleh Ketua DPR Puan Maharani. Setelah itu mengheningkan cipta dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,” jelasnya.

Upacara dilanjutkan dengan pengibaran bendera Sang Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan fly pass pesawat TNI AU. Kemudian persembahan lagu Syukur dan Maju Tak Gentar oleh Gita Bahana Nusantara secara virtual. Terakhir, aksi helikopter TNI AU yang membawa giant flag Merah Putih.

Selanjutnya Kapendam XII/Tpr mengatakan, untuk Kodam XII/Tpr, seluruh Komandan Satuan serta Prajurit dan PNS di jajaran juga mengikuti upacara live peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ini dari tempat masing-masing.

“Ini adalah upaya satuan untuk menghindari keramaian atau pengumpulan massa guna mencegah penyebaran Covid-19 tanpa meninggalkan makna yaitu meninggalkan rasa Nasionalisme,” ujar Letkol Inf Hendra. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan