Personel Kodam XII/Tpr Terima Sosialisasi SOP AP dari Sopsad

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM Pontianak, Kamis (19/8/21) – Personel Kodam XII/Tanjungpura menerima Sosialisasi SOP AP (Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan) tahun 2021 dari Staf Operasi Angkatan Darat bertempat di Aula Mahubdam XII/Tpr, Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak.

Bacaan Lainnya

Sosialisasi diikuti personel jajaran Kodam XII/Tpr melalui tatap muka dan video conference. Materi disampaikan oleh Tim dari Sopsad yang diketuai oleh Pabandya-3/Tata Laksana Spaban II/Minops Sopsad, Letkol Inf Cecep Kurniawan.

Asops Kasad, Mayjen TNI Eka Wiharsa dalam sambutan yang dibacakan Ketua Tim Sosialisasi mengatakan, Reformasi Birokrasi (RB) memiliki delapan area perubahan, salah satunya adalah area perubahan Bidang Tata Laksana yang merupakan tanggung jawab Sopsad dengan tugas sebagai berikut, membuat peta proses bisnis, menyusun Dokumen SOP AP, melaksanakan pengembangan sistem e-government, dan keterbukaan informasi publik.

“SOP AP yang maksud di sini tidaklah sama dengan Protap-protap yang dimiliki satuan saat ini, SOP AP disini menjelaskan alur atau prosedur sebuah kegiatan itu berjalan dari dimulainya kegiatan sampai berakhirnya kegiatan,” ujarnya.

Asops Kasad mengatakan, adapun dasar dari penyusunan SOP AP ini sendiri adalah Permenpan RB No 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan SOP AP dan Perpang TNI No 53 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan SOP AP di lingkungan TNI.

Selanjutnya mengatakan, sosialisasi singkat tentang penyusunan Dokumen SOP AP pernah dilaksanakan pada tahun 2019 lalu ke masing-masing Kotama. Akan tetapi dirasa belum maksimal sehingga menyebabkan belum pahamnya satuan bawah dalam melaksanakan penyusunan Dokumen SOP AP di satuannya masing-masing.

Menindaklanjuti hal tersebut di atas Staf Operasi TNI Angkatan Darat selaku penanggungjawab Bidang Tata Laksana khususnya Spaban II/Minops pada tahun 2020 lalu menyusun Program Sosialisasi Penyusunan Dokumen SOP AP secara tersebar ke Kotama-kotama yang dilaksanakan pada Semester I dan II TA 2021.

“Dengan maksud itulah kedatangan kami selaku Tim untuk melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Dokumen SOP AP dengan harapan para peserta sekalian memiliki antusias yang tinggi pada kegiatan ini dengan tujuan meningkatkan kualitas penilaian indeks RB TNI AD yang manfaatnya akan dirasakan oleh seluruh prajurit TNI AD,” ungkap Asops Kasad. (Pendam XII/Tpr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan