Ragam

DPRD Kabupaten Lampung Barat menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus DPRD Dan Pengesahan LKPJ-KDH Tahun Anggaran 2020.

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

 

Lampung Barat-Somasinews.com                      Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, Edi Novial, dengan acara penyampaian laporan panita khusus DPRD dan pengesahan laporan keterangan pertanggungjawaban kepala Daerah (LKPJ-KDH) pada tahun anggaran 2020 yang jugadalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati, Parosil Mabsus, dan anggota Forkompinda, diawali dengan penyampaian laporan panitia khusus (Pansus), selanjutnya dilakukan penandatanganan pengesahan oleh pimpinan DPRD dan bupati, Sebun (26/04/2021).

Dalam sambutannya,Parosil Mabsus selaku Bupati Lambar menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Lampung Barat yang telah melakukan pembahasan LKPJ tahun 2020.

Ucapan terima kasih itu terutama ditujukan untuk panitia khusus (Pansus) LKPj yang telah mengkritisi, mengevaluasi, dan memberikan rekomendasi atas berbagai kinerja program dan kegiatan yang termuat dalam buku LKPj Kepala Daerah tahun anggaran 2020.

“LKPj yang saya sampaikan tentu telah melalui proses pembahasan yang panjang, atas kritik, evaluasi dan masukan yang disampaikan saya ucapkan terima kasih, karena saya yakin kawan-kawan anggota DPRD yang membahas dengan serius untuk mengetahui sejauh mana eksekutif menjalankan program selama TA 2020,” Ucap Parosil.

Selanjutnya, dalam rapat tersebut, ada juga membahas secara khusus yang sempat menjadi pembahasan selama rapat paripurna tersebut berlangsung, salah satunya anggaran untuk media di Sekretariat DPRD kabupaten lampung barat.

Dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Komisi III Ismun Zani menyampaikan, pembahasan APBD 2021 yang dilaksanakan menggunakan dana tahun 2020, yang pada waktu itu dalam tahap sinkronisasi disepakati bahwa ada penurunan anggaran media masa pada lembaga DPRD.

Pada tahap pembahasan RAPBD TA 2021, bahwa memang ada sinkronisasi anggaran yang dialokasikan untuk media. Karena alasan tim anggaran Pemkab Lampung Barat anggaran untuk media di sekretariat DPRD tidak boleh melebihi anggaran di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Memang iya pada saat pembasahan saat itu harus dilakukan sinkronisasi, tetapi penurunannya tidak signifikan, karena kita ketahui bersama bahwa anggaran untuk media di Dinas Kominfo tidak ada biaya langganan koran, sementara di sekretariat DPRD itu ada, jadi nilai anggaran di DPRD itu tidak lebih tinggi dari yang dianggarkan di Kominfo,” jelas Ismun.

“Memang iya pada saat pembasahan saat itu harus dilakukan sinkronisasi, tetapi penurunannya tidak signifikan, karena kita ketahui bersama bahwa anggaran untuk media di Dinas Kominfo tidak ada biaya langganan koran, sementara di sekretariat DPRD itu ada, jadi nilai anggaran di DPRD itu tidak lebih tinggi dari yang dianggarkan di Kominfo,” jelasnya.

Edi Novial selaku Ketua DPRD Lampung Barat juga menyampaikan tanggapannya mengenai persoalan tersebut mengaku bahwa media merupakan partner dalam mengkomunikasikan program pembangunan di Lampung Barat kepada masyarakat.

“Selama ini program unggulan Pemkab Lambar, diketahui oleh masyarakat peran serta kawan-kawan media yang menyampaikan melalui berita. media merupakan partner dalam artian Lampung Barat dapat dikenal oleh khalayak luas di Provinsi Lampung atau di luar Provinsi Lampung berkat peran serta dari media masa, untuk itu saya berharap Pemkab Lambar untuk meningkatkan kerjasama dengan media, dan saya atas nama pimpinan DPRD mengucapkan terimakasih atas peran aktif media dalam mendukung sekuruh program yang kita jalankan.” Harapnya.

Selain itu,Wakil Ketua II DPRD Lampung Barat Erwansyah menyampaikan, Lembaga DPRD ini sangat mendukung dan mensuport kerja media melalui penyediaan anggaran. Lembaga DPRD tidak ada maksud untuk menjatuhkan atau mengurangi secara drastis anggaran untuk media. Dan keinginan tersebut sudah sering disampaikan kepada pihak eksekutif.

“Artinya, kami bukan berniat menjatuhkan anggaran untuk media tersebut,” ujarnya. Kami
sudah terlalu sering memberikan berbagai masukan ke Pemkab Lampung Barat mengenai anggaran untuk media. Dulu Pak Ismun pernah bilang, tolong anggaran media di perhatikan dan kita support semua itu termasuk pimpinan,” Pungkas Erwansyah.(ADV)

Laporan : Helayati

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Paling Banyak Dibaca

To Top