Kunjungan sandiaga uno ke wisata kampung kopinrigis jaya lampung barat.

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM LAMBAR, Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga uno berkunjung ke objek wisata kampung kopi, yang berada di desa rigis jaya,kecamatan air hitam, kabupaten Lampung barat. Rabu (29/09/21).

Bacaan Lainnya

Kedatangan sandiaga uno disambut beberapa tradisi penyambutan tamu agung masyarakat di lampung barat seperti tari sembah batin, pancak silat dan tradisi yang lainnya.

Dalam kegiatan tersebut ikut dihadiri anggota DPR RI, Mukhlis Basri , anggota DPD RI, Abdul Hakim, anggota DPRD Provinsi Lampung, Lesti Putri Utami, kepala dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Endarwan dan kepala perangkat daerah Lampung Barat.

Setelah itu menparekraf mendengarkan persentase tentang sejarah desa wisata kampung kopi oleh ketua pokdarwis. Selain itu desa kampung kopi rigis jaya yang saat ini masuk 50 besar ADWI (Anugrah Desa Wisata Indonesia) 2021, dalam penilaian ADWI, dari 1.831 desa wisata indonesia dilakukan seleksi yang menyisakan 500 desa,lalu 300 desa, kemudian 100 desa, dan terakhir masuk di 50 desa.

Lalu sandiaga uno juga berkeliling melihat secara langsung bazar UMKM dan produktif kreatif komunitas virtual di lambar. Di dalam bazar terdapat produk UMKM, kerajinan tangan dari kopi dan diakhiri dengan penandatanganan prasati kampung kopi masuk 50 besar ADWI 2021.

Sebagai bentuk perhatian Menparekraf terhadap pertumbuhan UMKM di Lampung Barat, ia membeli 600 buah tas hasil Eco Print untuk souvernir pada Konprensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 atau kelompok negara-negara berkembang di asia pasifik yang akan menggelar konprensi di Bali 2022 mendatang.

Selain itu, sandiaga uno memberikan 2 buah sepeda untuk mewujudkan keinginan desa agar dapat menambah pendapatan desa wisata kampung kopi rigis jaya agar bisa bersepeda santai di kampung kopi tersebut.

Sandiaga uno juga mengapresiasi keberhasilan lampung barat yang menyulap kebun kopi menjadi desa wisata, dan masuk di 50 besar ADWI 2021.

“Diharapkan ini menjadi awal tingkat kebangkitan yang tinggi untuk dunia pariwisata kabupaten lampung barat” kata sandiaga uno.

Ditempat yang sama, parosil mabsus selaku bupati lambar berharap dengan kehadiran menteri pariwisata dan ekonomi kreatif ini menambah optimisme masyarakat khusus pengelola pariwisata di lambar ini untuk lebih giat dan semangat dalam mewujudkan wisata hingga menumbuhkan ekonomi ditengah masyarakat.

Laporan: Helayati

Pos terkait

Tinggalkan Balasan