Abadikan Pesan Leluhur Lewat Film ‘Mappalisu Sumange’ Sebagai Hadiah Hari Jadi Bone Yang Ke-691

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

Bone-Somasinews.com Satu lagi karya sineas muda Sulawesi Selatan (Sulsel) yang Ditayangkan di Bioskop PELANET CINEMA bone, 07 April 2021, Menekankan pada budaya lokal Bugis, film berjudul ‘Mappalisu Sumange’ sekaligus menjadi wadah untuk mengabadikan pesan leluhur di hari Rabu

Produser Film ‘Mappalisu Sumange’, Erwin mengatakan film tersebut lahir dari kerinduan terhadap pesan leluhur yang bersahaja, bermakna dalam, menjadi falsafah yang tak lekang oleh ruang dan waktu.

“Film Mappalisu Sumange, telah menghentak ingatan saya, bahwa ada sesuatu yang bisa jadi akan punah jika tak menjadi inheren pada diri orang Bugis. Pesan Leluhur yang telah menurun dari generasi ke generasi. Dulunya, hanya dituturkan tetapi kini telah tertulis dalam lontara bahkan dituliskan oleh para peneliti dalam bentuk buku,” Ucap Erwin.

Film yang disutradarai Arul bersama kawan-kawannya tersebut telah mengabadikan pesan-pesan leluhur dalam bentuk film dengan setting yang diklaim ciamik.

“Kreativitas dan penelusuran tentang nilai-nilai ‘pappaseng’ dikontektualisasikan dalam bentuk cerita yang menggugah. Mengisahkan keluarga sangat sederhana yang tinggal di pelosok Bone,” jelasnya.

Amir Hafid

Pos terkait

Tinggalkan Balasan