Antisipasi Kericuhan Saat Unjuk Rasa di Kantor DPRD Kabupaten Bone,1 SSK Brimob Batalyon C Pelopor Disiagakan

Bone, Somasinews.com Aliansi Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Cipayung ( HMI, PMII, IMM) Cabang Kabupaten Bone mengelar aksi demonstrasi pada Senin (02/11/20) . Aksi unjuk rasa yang digelar dalam rangka evaluasi 2 tahun kepemimpinan Bupati Bone 2 periode Dr. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. ini dilakukan pada dua lokasi ini yaitu di halaman Kantor Bupati Bone dan kantor DPRD Kabupaten Bone.

Sebelum menuju ke kantor DPRD Kabupaten Bone, Massa pengunjuk rasa terlebih dahulu menyampaikan orasinya di depan halaman kantor Bupati Bone jalan Ahmad Yani Kelurahan Macanang Kecamatan Tanete Riattang Barat. Di halaman kantor Bupati Bone ini sempat terjadi aksi saling dorong dan pelemparan batu dari pihak pengunjuk rasa ke aparat pengamanan yang bertugas mengamankan lokasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Kericuhan ini terjadi karena dipicu oleh aksi pengunjuk rasa yang memaksa masuk ke kantor Bupati Bone, padahal di dalam kantor Bupati Bone telah ada perwakilan dari masing-masing mahasiswa yang menyampaikan aspirasi mereka. Akhirnya kericuhan berhasil diredam setelah massa pengunjuk rasa berhasil didorong mundur oleh aparat keamanan.

Merasa aspirasinya tidak tersampaikan, massa pengunjuk rasa akhirnya melanjutkan aksinya di kantor DPRD Kabupaten Bone. Saat berada di Kantor Perwakilan Rakyat ini, massa pengunjuk rasa di terima langsung oleh Tiga Anggota DPRD Kabupaten Bone untuk menyampaikan aspirasinya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kericuhan susulan, Kapolres Bone AKBP Tri Handako meminta back up 1 SSK ( Satuan Setingkat Kompi) personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel untuk disiagakan di area Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bone ini.

Selain bersiaga di selatan kantor DPRD Kabupaten Bone, 1 SSK Personel Brimob Batalyon C Pelopor yang dipimpin oleh Iptu Mustari ini juga mengelar perlengkapan PHH ( Penanggulangan Huru Hara) yang mereka miliki untuk kecepatan penanganan ketika terjadi kericuhan.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan, S.Sos. membenarkan perihal 1 SSK personel Batalyon C Pelopor disiagakan di kantor DPRD Kabupaten Bone.

” Benar 1 SSK Pasukan PHH Batalyon C Pelopor telah berada di kantor DPRD Kabupaten Bone, tapi kami masih stand by di lokasi dan menunggu perintah lebih lanjut dari Kapolres Bone apabila aksi unjuk rasa berubah menjadi aksi yang dapat menggangu kondusifitas Kamtibmas,” ujar Danyon C Pelopor.

Kompol Nur Ichsan juga menambahkan jika kesiapan personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dalam mengantisipasi perkembangan aksi unjuk rasa di Kabupaten Bone yang dapat berujung pada gangguan kondusifitas Kamtibmas ini adalah wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia.

” Demi menjaga kondusifitas Kamtibmas di wilayah back up Batalyon C Pelopor, kami menyiagakan personel untuk mengantisipasi perubahan situasi hijau menjadi merah yang dapat terjadi kapan pun,” tambahnya.

Massa pengunjuk rasa dari kelompok Cipayung Kabupaten Bone akhirnya membubarkan diri dengan tertib di depan kantor DPRD Kabupaten Bone pada pukul 15.00 Wita.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis, P.S., S.I.K., M.Si. mengatakan bahwa Satbrimob Polda Sulsel terus bersiaga untuk menghadapi perkembangan situasi Kamtibmas yang sangat dinamis.

” Oleh karena saat ini perkembangan situasi Kamtibmas sangat sulit untuk diprediksi khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, kami terus menyiagakan pasukan dan perlengkapan untuk mengantisipasi perubahan situasi ini. Hal ini kami lakukan sebagai wujud dari Bhakti Brimob Untuk Indonesia,” pungkas Muhammad Anis.

Amir Hafid

Pos terkait

Tinggalkan Balasan