Pemerintah Desa Gantung Adakan Sosialisasi KTPAP Dan Perkawinan Anak

  • Whatsapp

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

Pangkep — Somasinews.com Sulsel,  Sosialisasi pentingnya kebijakan di tingkat Desa terkait pencegahan kekerasan terhadap perempuan anak dan perkawinan anak dilaksanakan di Aula Baruga Sayang Kantor Desa Gentung, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep pada Jum’at, 8 Oktober 2021.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan diadakan oleh Pemerintah Desa Gentung kerjasama dengan LBH APIK Makassar, Kemensos RI, Pemerintah Daerah, Creating Spaces, LPPA Pangkep atas dukungan Oxfam Indonesia.

Tampil sebagai pemateri Andi Yudha Yunus sebagai fasilitator membawakan materi, Kekerasan dan perlindungan terhadap perempuan anak-anak. Ema Husain dari SPAK Indonesia/AIPJ Sulsel, dengan materi Pencegahan korupsi dalam perkawinan anak. Emma Rahmayanti (LBH APIK Sulsel), Hania (Narasumber aktivis perempuan)

Ikut sebagai peserta jajaran BPD, Sekdes, staf, aparat dan perangkat desa, Majelis Ta’lim dan tokoh masyarakat.

Hadir, Makmur, S.Sos Plt. Kepala Desa Gentung, Abdul Rahman, S.Hi wakili Camat Labakkang, Sahabuddin Kepala KUA Labakkang, Hj. Rusmini KT TP PKK Kecamatan Labakkang, Zamzam dan Hj. Asriam Rahim dari Puskesmas Labakkang, Kartini KT TPK Labakkang, Muzdalifah dari perwakilan perempuan, Rustang pendamping desa (PD), Haryati (PLD), Hardiman Syam Bhabinkamtibmas/Polsek Labakkang, Abdullah Babinsa/Koramil labakkang.

Kegiatan bertujuan :
1. Peserta memahami tentang pentingnya melakukan pencegahan terjadinya kekerasan terhadap perempuan anak dan perkawinan anak.

2. Meningkatkan pemahaman pentingnya kebijakan hukum terkait perlindungan perempuan dan anak dari kekerasan.

3. Menguatnya kerjasama antar pemangku kepentingan untuk melakukan pencegahan kekerasan terhadap perempuan anak dan perkawinan anak.

Dengan hasil yang diharapkan :
1. Meningkatnya pemahaman peserta tentang advokasi pencegahan terhadap kekerasan terhadap perempuan anak dan perkawinan anak.

2. Menguatnya kerjasama antar pemangku kepentingan untuk melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan anak dan perkawinan anak.

Menurut kepala KUA Kecamatan Ma’rang Dahabuddin saat menutup acara mengatakan, semoga kekerasan cepat berakhir. Pihak kami serba salah dalam hal memperketat dispensasi kawin, itulah diharapkan dari hasil kegiatan seperti saat ini agar dapat menjadi solusi mempercepat penyelesaian masalah.

Tak lupa Sahbudin mengucapkan terima kasih kepada tim semoga tidak ada bosan-bosannya untuk datang memberikan sosialisasi di Kabupaten kami ini.

Sedangkan Plt Kades Gentung Makmur, S.Sos sangat menyambut gembira dan mengapresiasi kepada para inisiator dan seluruh jajarannya dalam melaksanakan kegiatan yang begitu bermanfaat dan sangat diharapkan oleh seluruh komponen warga masyarakat ini.

Kades Makmur mengungkapkan rasa bangganya menyaksikan peserta yang begitu bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan dengan metode penyampaian yang sederhana, sangat pas dan mudah di cerna serta mudah diserap oleh para peserta dari berbagai jajaran lapisan masyarakat. Tutupnya.

Kegiatan berlangsung sangat menarik, dinamis kreatif dan sangat memotivasi peserta bergairah ikut terlibat secara emosional juga interaktif dalam suasana aman, tertib serta lancar.

Laporan. Andi Baso

Pos terkait

Tinggalkan Balasan