Mencuat Aroma Pertemuan Tertutup Ketum Partai Gerindra Prabowo dan Politikus Partai (PDIP) Budiman

Suara Masyarakat Anti Diskriminasi

SOMASINEWS.COM JAKARTA – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Budiman Sudjatmiko, bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Selasa malam, 18 Juli 2023.

Pertemuan itu dipastikan dilakukan Budiman tanpa sepengathuan PDIP. Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun menyatakan akan memanggil Budiman untuk melakukan klarifikasi kunjungannya ke kediaman Prabowo tersebut. Dia memastikan partainya akan memberikan perlakuan yang sama terhadap semua kader.

“Pasti kami panggil. Semua diperlakukan sama,” ujar Komarudin, Rabu, 19 Juli 2023.

Budiman Sudjatmiko akan menjadi politikus PDIP ketiga yang menjalani klarifikasi setelah pertemuan dengan Prabowo. Sebelumnya PDIP sudah memanggil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Anggota DPR RI Effendi Simbolon. Keduanya sempat dinilai memberikan dukungan kepada Prabowo yang merupakan calon presiden dari Partai Gerindra.

“Sama juga dengan Budiman. Tidak akan dibedakan walau Budiman menyatakan, “Wah, ini saya tidak mewakili partai, (tetapi) mewakili pribadi”,” kata Komarudin.

Komarudin menegaskan semua kader PDIP terikat aturan partai Ia menegaskan bahwa bagi politikus PDIP, pribadi mereka merupakan pribadi yang memiliki kartu tanda anggota (KTA) PDIP

“Dan semua yang ber-KTA PDI Perjuangan itu terikat oleh aturan partai, bukan bebas sebebas seperti masyarakat biasa yang bukan berorganisasi,” ucap Komarudin.

Oleh karena itu, PDIP akan memanggil Budiman untuk melakukan klarifikasi. Meskipun demikian, Komaruddin enggan berspekulasi terkait motif Budiman menemui Prabowo, termasuk isu kekecewaan mantan aktivis Prodem itu yang tidak mendapatkan posisi strategis di pemerintahan. “Saya tidak terlalu percaya orang sekelas Budiman, hanya urusan kecil begitu menjadi kecewa. Itu terlalu kecil urusannya,” tutur Komarudin.

Selanjutnya, Budiman sebut pertemuannya dengan Prabowo atas keinginan pribadi Sebelumnya, Politisi PDIP Budiman Sudjatmiko menyebut pertemuannya dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Selasa malam tidak mewakili partai, melainkan atas keinginan pribadinya.

“Saya ingin mengatakan bahwa ini tidak mewakili partai, ini pribadi,” kata Budiman setelah mengadakan pertemuan tertutup di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara Nomor 4, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Akan bicarakan hasil pertemuan dengan Puan dan Hasto Budiman mengatakan akan membicarakan hasil pertemuan tersebut dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

“Soal nanti tentu saja, saya akan bicara dengan Mbak Puan, Pak Hasto, karena kalau boleh saya sampaikan, izin kepada Pak Prabowo yang saya sampaikan kepada beliau tadi itu sebenarnya persatuan kaum nasionalis,” ucap Budiman.

Pertemuan sejumlah politikus PDIP dengan Prabowo Subianto itu mencuatkan aroma bahwa tidak seluruh kader partai banteng mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Apalagi Presiden Jokowi tak mau secara tegas menyatakan mendukung Ganjar dan masih meminta para relawannya menunggu arahan darinya untuk menentukan arah dukungan pada Pilpres 2024.

(Supriyadi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan