Lihat Aksi Heroik, Bhabinkamtibmas Polsek Awangpone Bantu Warga Dorong Mobil Yang Jatuh di Lubang Galian

Somasinews.com, BONE – Aksi heroik kembali dipertontongkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Awangpone Bripka Sakwan, SH kendati dirinya di jumpai membantu warga dorong mobil yang jatuh di lubang galian di bahu jalan, Kamis (26/11/2020) siang.

Tindakan Bripka Sakwan, SH,. ini menyita banyak perhatian warga. Pasalnya, pemandangan seperti ini jarang di jumpai pada masa terdahulu.

Bacaan Lainnya

Dikatakan oleh warga, “Kini Polri telah berubah, kehadirannya kini betul-betul telah dirasakan di tengah warga,” ucap
warga.

Ditempat yang sama seorang warga mengatakan, “Bripka Sakwan memang di kenal sangat bermasyarakat dan hampir disetiap kegiatan warga ia hadir membantu,” kata warga yang identitasnya enggan di sebutkan.

Aksi simpati yang ditunjukkan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Awangpone Bripka Sakwan, SH, yang sigap membantu warga mendorong mobil yang jatuh di galian lubang merupakan salah satu upaya yang dapat menumbuhkan empati masyarakat terhadap keberadaan Polri.

Dalam rangka membangun empati antara Polri dan masyarakat, perlu dipahami kedua kemampuan ini yakni kemampuan saling mempercayai dan kemampuan empati. Empati adalah kunci membina kepercayaan dari masyarakat. Rasa percaya atau trust relevan sekali dalam kondisi sosial tertentu.

Dalam kehidupan masyarakat, Polisi memainkan banyak peran sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Mengatur lalu lintas, menegakkan hukum, menyidik perkara, memelihara keamanan dan ketertiban, dan melindungi keselamatan warga negara adalah sebagian dari tugas polisi. Istilah yang sering digunakan adalah melayani, melindungi, dan mengayomi.

Polisi yang memiliki empati tinggi memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang lebih tinggi juga. Karena polisi berusaha memahami dan peduli dengan kebutuhan, kepentingan, dan keprihatinan masyarakat, maka polisi memiliki bekal informasi dan pengetahuan yang diperlukan supaya profesinya dapat dijalankan lebih baik. (Dadang)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan